SMANSA GOALS
Global Oriented Absolute Leading School...
WELCOME TO SMA 1 CIAMIS BLOG

Opini PLN (Versi Bahasa)

Category: By GOALS!!!

Hemat Energi

Listrik, sepele tetapi bermanfaat. Itulah istilah yang tepat untuk menggambarkannya. Sadar atau tidak, listrik menjadi sumber energi utama di dunia, khususnya di Negara kita, Indonesia. Terlebih di era modern dengan teknologi mekanik seperti sekarang. Listrik sangat berguna, contohnya di kehidupan kita, dari perabot dapur, hingga pengering rambut menggunakan listrik. Secara otomatis, penemuan listrik memberikan efek yang besar bagi kehidupan manusia.
Sebagai perbandingan, pada jaman dahulu, orang –orang di desa tak bias melakukan aktivitas mereka pada malam hari, tapi sejak listrik masuk desa, mereka bias melakukan aktivitas mereka pada malam hari, itu membuat aktivitas mereka jadi lebih mudah.
Jika melihat tujuan pendidikan sekarang, lebih menghacu pada pengajaran lewat TV, Internet, dan lainnya yang tentu saja membutuhkan listrik sebagai sumber energi utama….
Di Indonesia, ada banyak sumber listrik seperti, PLTA, PLTU, PLTN, dan lain – lain, semuanya menggunakan sumber energi yang berbeda – beda. Ada yang bisa di daur ulang, ada yang tidak, jadi masalahnya sekarang ini adalah era globalisasi yang tentu saja membutuhkan listrik sebagai dasar pengembangan era ini, terlebih Indonesia mempunyai banyak populasi, itu berarti penggunaan listrik makin banyak, dan mungkin saja akan habis .
Di masa depan, itu akan menyebabkan masalah yang besar, jika kita sebagai konsumen tidak menggunakan listrik secara efektif dan efisien, terlebihdi Indonesia banyak menggunakan sumber listrik yang tidak dapat di daur ulang.
Coba kita tengok ke luar negeri, jepang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber listrik utama, mengapa Indonesia yang letaknya pas di garis matahari tidak menggunakannya????, yah mungkin itu masih membutuhkan biaya besar, tapi di masa sekarang ini apa yang tak mungkin??
Kita harus cermat dalam menggunakan lsitrik agar anak cucu kita di masa depan tak akan kesulitan, jadi gunakanlah listrik untuk kehidupan yang lebih baik
 

0 comments so far.

Something to say?

shoutbox