SMANSA GOALS
Global Oriented Absolute Leading School...
WELCOME TO SMA 1 CIAMIS BLOG

Pramuka SMAN 1 Ciamis

Category: By GOALS!!!
Gerakan Pramuka Ambalan Ciung Wanara Pangakalan SMAN 1 Ciamis





*Profil

Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan non formal, menyelenggarakan proses pendidikan dalam bentuk kegiatan mengembangkan rasa percaya diri, kewajiban, tanggung jawab, disiplin, kecerdasan, keterampilan, serta kesehatan jasmani dan rohani, yang dilandasi Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Ambalan Ciung Wanara adalah salah satu wadah pembinaan gerakan pramuka yang berada di pangkalan SMAN 1 Ciamis. Dalam pengkoordinasiannya, anggota Penegak Ambalan Ciung Wanara dibagi ke dalam sangga -sangga, dan ke dalam unit khusus guna mengembangkan keterampilan dan kedisiplinan.

Pertama, PASKAT (Pasukan Koloni Tongkat) adalah pasukan penegak bertonglkat yang mengembangkan keahlian dalam bidang baris - berbaris dan permainan tongkat. Pasukan ini hanya terdapat di ambalan ciung wanara dan telah menjadi hak paten ambalan. tugas utama pasukan ini adalah untuk mensukseskan kegiatan akbar HIKING RALLY CIRADYKA; kedua, SAR (Search And Rescue) adalah unit yang bertugas menolong kirban kecelakaan dalam setiap kegiatan dan mengembangkan cara hidup survival; ketiga, BASKARA (Barisan Keamanan Ciung Wanara) adalah unit yang bertugas mengamankan setiap kegiatan ambalan, khususnya pada kegiatan HIKING RALLY CIRADYKA.



HIKING RALLY CIRADYKA sendiri adalah kegiatan pengenalan alam kepada pramuka penegak dan penggalang ataupun organisasi sederajat lainnya guna menumbuhkan rasa ketaqwaan kepada Tuhan YME, menghargai lingkungan dan menjalin kerjasama yang erat.


Tahun ini diselenggarakan HIKING RALLY CIRADYKA ke XXIV se-jabar dan jateng

 

0 comments so far.

Something to say?

shoutbox